RajaKomen

Cara Memulai Kampanye di Media Sosial Khusus Bagi Pemula

7 Mei 2022  |  86x | Ditulis oleh : Admin
Rajakomen

Apakah anda pernah mendengar tentang sosial media marketing? Yang dimaksud sebagai sosial media marketing atau kampanye di media sosial adalah sebuah teknik pemasaran atau promosi barang dan jasa, yang memanfaatkan berbagai jenis platform sosial media. Contohnya di Indonesia, saat ini sudah banyak platform sosial media yang siap untuk dieksplorasi untuk kampanye pemasaran.

Cara ini memang menjadi salah satu cara yang efektif sekali untuk memasarkan bisnis daring anda. Tak heran, karena manfaatnya juga memang banyak sekali untuk bisnis anda, salah satunya untuk meningkatkan popularitas produk yang anda miliki. Tak hanya itu saja, cara ini juga bisa menemukan lebih banyak pelanggan baru, untuk meningkatkan jumlah pengunjung website dan juga meningkatkan peringkat website di mesin pencari.

Cara Memulai Kampanye di MediaSosial

Lalu bagaimana caranya untuk melakukan kampanye di media sosial? Sebaiknya cek dulu caranya di bawah ini :

1. Melakukan Riset Klien

Hal pertama yang harus dilakukan ketika terjun di dunia marketing sosial media adalah jangan menggunakan semua platform yang tersedia. Cukup pilih satu saja yang sering dipakai oleh target pasar dari produk anda.

Jika bisnis anda berorientasi untuk anak muda, maka pilih Instagram. Jika orientasinya pada dewasa, maka Facebook bisa menjadi pilihan anda untuk menjalankan kampanye.

2. Tentukan Tujuan Bisnis yang Jelas

Merasa bingung saat memulai sosial media marketing itu wajar, apalagi jika harus menentukan tujuan atau goals apa yang harus dicapai oleh bisnis anda. Adapun tujuan dilakukannya kampanye ini adalah untuk membangun hubungan dengan calon costumer anda, lalu meningkatkan traffic pada website bisnis, atau untuk meningkatkan kesadaran merk dan lainnya.

Nah, ketika anda telah menentukan tujuan apa yang akan dicapai, memilih teknik yang akan digunakan untuk mencapainya jadi jauh lebih mudah dan efektif.

3. Melakukan Analisis Pada Kompetitor

Brand lainnya juga melakukan kampanye di media sosial, dan banyak sekali kompetitor di luaran sana yang mungkin melakukan teknik marketing yang serupa. Namun jangan khawatir, anda bisa satu langkah lebih depan dengan menganalisis kompetitor. Dengan bantuan tools serta kemampuan analisis yang cukup mumpuni, maka anda bisa memprediksi langkah kompetitor dan membuat gebrakan lebih dulu.

4. Membuat Konten Menarik yang Relevan

Setelah melakukan langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, maka sekarang saatnya untuk membuat konten yang menarik dan juga relevan untuk sosial media marketing anda. Pastikan topik konten yang akan dibuat sesuai dengan niche bisnis yang dijalankan, buatlah konten softselling, jangan terlalu sering mengunggah postingan baru, dan pastikan konten anda akan menjawab pertanyaan yang sering diajukan oleh calon pembeli.

5. Tentukan Jam Tayang

Jika ingin postingan anda berpotensi viral dan banyak mendapatkan interaksi dari pengguna sosial media, pastikan anda mengunggahnya pada jam-jam di mana mereka aktif menggunakan media sosial. Ada banyak tools untuk mengecek jam tayang.

6. Manfaatkan Iklan Berbayar

Sekarang setiap platform menyediakan iklan berbayar, sehingga anda bisa gunakan fitur ini untuk meningkatkan brand awareness dan mendapatkan manfaat dari kampanye di media sosial. Anda bisa menyesuaikan budget untuk iklan berbayar ini, sehingga tidak akan mengganggu keuangan anda.

Anda juga bisa gunakan platform marketing tools berbayar untuk meningkatkan engagement sosial media. Mulai dari meningkatkan likes, komentar, bahkan untuk menambah subscriber dan follower organic supaya media sosial anda lebih berkualitas dan sukses dalam melakukan sosial media marketing. Salah satunya anda bisa menggunakan Rajakomen.com, yang bisa meningkatkan engagement rate secara instan di hampir semua sosial media populer saat ini.

Jangan lupa, lakukan evaluasi secara rutin dan berkala. Tujuannya supaya bisa melihat mana kampanye yang paling tepat sasaran dan mana kampanye yang kurang berhasil serta membutuhkan banyak perbaikan.
Demikian adalah beberapa tips untuk melakukan sosial media marketing, semoga bermanfaat.

Baca Juga: