Hijab.id

Gunakan Peralatan Dapur Grinn Livin ini Dalam Kulkas, Makanan Jadi Lebih Tahan Lama Anti Bakteri

28 Mar 2022  |  128x | Ditulis oleh : Admin
Grinn Living

Pastinya kita sering mengalami kekenyangan saat memakan sesuatu, dan makanan sisa yang masih bisa dimakan kita masukan kedalam kulkas untuk di makan kembali di lain waktu. Tujuan dari menyimpan bahan makanan di kulkas supaya makanan tetap awet dan memperlambat munculnya bakteri. Jika kita memakan makanan yang sudah terkontaminasi bakteri atau basi dapat mengakibatkan diare, mual dan rasa tidak nyaman lainnya yang mengikuti.

Ada beberapa jenis makanan yang memang harus disimpan di kulkas guna memperlambat berkembangnya kuman dan menjaga makanan agar tetap segar serta aman dikonsumsi di kemudian hari.

Untuk dapat menyimpan bahan makanan di kulkas, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan supaya makanan tetap segar, higienis dan aman untuk dikonsumsi lagi. Berikut ini tips dan manfaat menyimpan bahan makanan di kulkas.

SIMPAN MAKANAN TIDAK LAMA SETELAH DIMASAK

Terkadang hidangan makanan yang telah dimasak melebihi porsi makan kita, sayang jika makanan tersebut dibuang begitu saja, untuk itu kamu bisa menyimpan makanan tersebut di kulkas. 

Ada baiknya menyimpan makanan tidak kurang dari 2 jam setelah dimasak. Karena jika makanan terlalu lama di ruangan akan terkontaminasi bakteri atau virus yang berada pada suhu ruangan makanan tersebut disimpan.

SIMPAN DALAM WADAH SESUAI PORSI MAKANAN

Ketika menyimpan makanan di wadah, perlu diperhatikan juga porsi makanan yang disimpankan. Akan lebih baik jika wadah penyimpanan sesuai dengan porsi makanan yang disimpan, dengan begitu kamu bisa menghemat tempat penyimpanan di kulkas serta, makanan bisa cepat dingin ketika dimasukan ke kulkas.

Pisahkan bahan makanan ketika disimpan untuk menjaga makanan tetap dalam keadaan bersih dan higienis serta aman untuk dikonsumsi keesokan harinya.

PERAWATAN KULKAS

Sama halnya dengan Peralatan Dapur yang perlu dirawat, kulkas pun juga butuh perawatan sebaik mungkin, kamu bisa melakukan pengecekan berkala menggunakan termometer internal kulkas dengan memastikan suhu kulkas adalah ≤ 5 ºC. Selalu bersihkan dan periksa kulkas secara berkala untuk menjaga kulkas tetap bersih dan berfungsi dengan optimal.

CEK TANGGAL KADALUARSA

Bahwa kita ketahui bersama bahwa tidak ada makanan yang bisa bertahan selamanya. Sebaik apapun kita menyimpan makanan pasti akan kadaluarsa juga. Untuk itu kamu perlu memperhatikan tanggal kadaluarsa makanan sebelum disimpan.

Pada makanan kemasan memiliki tanggal ‘baik digunakan sebelum’ yang berarti makanan tersebut akan lebih baik dikonsumsi sebelum tanggal yang tertera.

GUNAKAN LABEL PADA WADAH MAKANAN

Menggunakan label yang ditempelkan pada wadah makanan merupakan cara mudah untuk mengetahui apa yang disimpan dalam wadah makanan tersebut. Terutama saat menyimpan sisa makanan yang akan diolah di kemudian hari. 

Kamu bisa menuliskan beberapa keterangan pada label wadah makanan, seperti jenis makanan, tanggal saat menyimpan atau tanggal makanan baik digunakan. 

GUNAKAN FREEZER

Salah satu cara menyimpan makanan yang baik adalah dengan menggunakan kulkas, supaya lebih awet lagi kamu bisa menggunakan freezer kulkas. Karena freezer kulkas bisa menyimpan makanan beku dalam jangka waktu lama. Namun, yang turut diperhatikan adalah tidak semua makanan cocok disimpan dalam freezer. 

Ada beberapa jenis makanan yang tidak bisa disimpan dalam freezer seperti, susu, kopi telur, madu, yogurt, makanan yang sudah digoreng atau sudah dimasak. Sedangkan makanan yang bisa disimpan dalam freezer seperti, bahan makanan yang belum diolah, makanan olahan daging, es krim, daging mentah dan jenis bahan makanan lain yang perlu disimpan dalam keadaan beku.

SIMPAN DALAM WADAH TERTUTUP

Sama hal nya dengan Peralatan Dapur yang dapat disimpan dalam wadah tertutup, sisa makan juga perlu disimpan dalam wadah tertutup ketika disimpan dalam kulkas. Pastikan wadah tertutup untuk menyimpan makanan menggunakan bahan berkualitas baik seperti Ansen Fridge dari Grinn Living. Dengan menggunakan Ansen Fridge kamu dapat menyimpan bahan makanan atau makanan seperti buah, sayuran, sisa makanan dan jenis makanan lainnya, supaya makanan tetap bersih, higienis dan aman untuk dikonsumsi di kemudian hari.

Ansen Fridge sendiri terdiri dari dua ukuran yaitu ukuran medium dan large penempatan Ansen Fridge juga dapat disesuaikan dan aman jika ditumpuk. Selain itu Ansen Fridge dari Grinn Living sudah aman dengan Food Grade 100% BFA free yang juga memiliki ventilasi untuk mengatur udara yang masuk & menjaga kelembapan. Temukan produk Ansen Fridge hanya di www.grinnliving.com

Sekian tips dan manfaat menyimpan bahan makanan dikulkas semoga dengan tips di atas kamu bisa memanfaatkan kulkas untuk menyimpan makanan dengan lebih maksimal dan kualitas makanan yang disimpan tetap terjaga dalam kondisi baik.

Baca Juga: