5 Kapal Dari Papua Masuk Karimun, Total 27 ABK Langsung di Rapid Tes

KARIMUN- Kepolisian Sektor (Polsek) Meral, Polres Karimun, Polda Kepulauan Riau kembali melakukan mencegah penyebaran Covid-19. Dibawah Komando Kapolsek Meral AKP Doddy Santosa Putra SIK, ia bersama jajaran berhasil mengindentifikasi masuknya lima kapal nelayan ke Kabupaten Karimun. Didapati lima kapal nelayan yang membawa 27 Anak Buah Kapal (ABK) dari Kabupaten Merauke, Papua.

“Benar, kita mengamankan lima kapal motor dengan jumlah total ABK dua puluh tujuh orang, dimana baru tiba dari Merauke, Papua,” jelas Doddy saat dihubungi bilikberita.com, Senin (25/5/2020).

Ia mengatakan, 27 anak buah kapal masuk ke Karimun melalui Pelabuhan Naga Mas, Kecamatan Meral pada hari minggu (24/5/2020) sekira pukul 01.30 WIB dinihari.

Petugas Medis saat melakukan Rapid Tes 27 ABK Kapal Nelayan yang baru tiba di Kabupan Karimun dari Papua (Foto Dok Polsek Meral)

“Mereka tiba di Karimun menggunakan lima kapal yakni KMN Surya Jaya 99, KMN Sinar Jaya 99, KM Jaya Laut Baru, KM Berjaya 88, dan KM Surya Jaya 88,” terangnya.
Dijelaskanya lagi, guna mencegah penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Karimun, seluruh anak buah kapal diberlakukan Rapid Test atau tes cepat.

“Setibanya di Karimun, kita langsung berlakukan Rapid Test kepada 27 awak kapal tersebut oleh tenaga medis dari Puskesmas Meral,” paparnya.

Dilanjutkanya dari hasilnya 27 anak buah kapal yang dilakukan Rapid Test tersebut didapati hasil negatif Covid-19.

“Karena hasilnya negatif, mereka tidak dibawa untuk menjalani karantina di pusat karantina Kabupaten Karimun yakni di SMP 2 Tebing Binaan Karimun,” lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Polsek Meral juga pernah mencegah masuknya anak buah kapal dalam rangka upaya menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Karimun, pada hari Selasa (21/4/2020).

Saat itu, Polsek Meral mengevakuasi sembilan anak buah kapal termasuk nakhoda Kapal Motor (KM) Rezeki Baru yang baru saja tiba dari Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, dimana sembilan anak buah kapal itu dibawa ke SMPN 2 Tebing Binaan untuk menjalani karantina.(AGY)

Related posts

Leave a Comment