Siapkan Ini Sebelum Lakukan Sensus Pennduduk Online 2020

KARIMUN, BILIKberita.com- Dengan dimulainya Sensus pendudukan secara online, diharapkan masyarakat terdorong untuk melakukannya dengan segera mungkin. Hal ini dikatakan Kepala BPS Karimun, Nurul Choiriyati.

Ia menyatakan sensus penduduk ini sangat mudah sebenarnya, dapat dilakukan hanya dengan mendaftar melalui Online dengan menggunakan Handphone berbasis Android.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan online jangan lupa untuk menyiapkan sejumlah persyaratan terlebih dahulu.

“Untuk pendaftaran Online ini dibutuhkan nomor KK, Nomor Nik KTP, Nomor Buku nikah/surat Cerai, Akte Kematian, agar diketahui untuk Nomor KK nya bagi yang terbit sebelum bulan Juni 2019 bisa terakomodir namun jika diatas Juni 2019 tidak akan bisa terakomodir, jadi bagi yang KK nya terbit setelah Juni 2019 nanti petugas kami yang akan datang melakukan pendataan. Kemudian yang akan diisi terkait kondisi rumah, selanjutnya data individu dimulai dari kepala keluarga hingga anggota keluarga, pencatatan online juga akan diminta keterangan tingkat pendidikan perindividu dan agama, yang jelas pertanyaannya tidak akan sulit,” ketus Nurul.

Kemudian setelah melakukan pencatatan data online, masyarakat bisa memilih dua opsi. Diantaranya opsi simpan sementara atau langsung kirim.

“Jadi bagi yang masih ragu-ragu dengan data yang diisi, agar memilih opsi simpan sementara. Karena nanti masyarakat bisa membuka ulang dengan user dan password yang sudah dibuat di awal untuk melihat lagi dan memperbaikinya. Sementara opsi langsung kirim data tidak akan bisa di rubah lagi,” tambahnya.

Disebut Nurul, tujuan Sensus penduduk ini sangat penting diantaranya untuk mengetahui berapa jumlah penduduk saat ini secara real. Kedua untuk mengetahui karateristik mulai dari usia produktif atau dan berapa jumlah usia tua. Kemudian jumlaj penyebaran masyarakat berdasarkan Kelurahan dan yang terpenting data ini bisa digunakan sebagai rujukan pemerintah daerah untuk melakukan berbagai program pemerintah nantinya.

Jadwal Sensus pendudukan Online digelar sejak Februari ini hingga 30 Maret 2020 mendatang. Setelah itu kita akan melihat siapa saja yang sudah melakukan pendaftaran online dan siapa yang belum. Untuk yang belum kita akan melakukan pendataan dengan menurunkan tim langsung ke masyarakat.

“Tim dari BPS langsung yang akan kita terjunkan nanti sekitar 300 orang,” tutupnya.(Ady)

Related posts

Leave a Comment