Nyeri Pinggang dan Kencing Berdarah, Awas Gejala Kanker Ginjal !

Bilikberita.comSeseorang yang terkena penyakit kanker ginjal umumnya mengalami berbagai keluhan dan gejala. Penyakit tersebut saat ini sedang dilawan oleh penyanyi Vidi Aldiano. Gejala dan awal mulanya cukup khas untuk dideteksi secara dini.

Dalam laman Medical News Today disebutkan, kanker ginjal sering dikaitkan dengan seseorang berusia lanjut, obesitas, merokok, dan tekanan darah tinggi. Ginjal adalah bagian dari sistem kemih, yang berfungsi menyaring racun dan cairan berlebih serta elektrolit dari darah. Organ-organ ini juga memproduksi hormon yang membantu produksi sel darah merah dan membantu mengatur tekanan darah.

Pada 2019, American Cancer Society (ACS) mengungkapkan dokter mendiagnosis sekitar 73.820 kasus baru kanker ginjal. Mereka juga memperkirakan bahwa hampir 14.770 orang akan meninggal karena kanker ginjal. Usia rata-rata saat didiagnosis adalah 64 tahun, dan penyakit ini jarang terjadi sebelum usia 45 tahun.

Apa saja gejalanya?
Gejala biasanya tidak muncul pada tahap awal kanker ginjal. Beberapa orang mulai mengalaminya terutama ketika kanker menyebar lebih luas. Salah satunya kencing berdarah.

Ada darah dalam urine. Terasa benjolan di samping atau punggung bagian bawah. Demam dan keringat malam hari. Tekanan darah tinggi, dan kehilangan nafsu makan.

Hal senada diungkapkan Internis, Konsultan Hematologi dan Onkologi RS Kanker Dharmais Jakarta dr. Ronald A. Hukom. Beberapa faktor yang dihubungkan dengan risiko terkena kanker ginjal antara lain merokok, obesitas, tekanan darah tinggi, riwayat dalam keluarga, herbisida (bahan kimia pertanian untuk mengatasi gulma), dan bahan logam seperti cadmium (pencemaran logam berat). Lebih sering ditemukan pada pria.

Dia juga menyebutkan gejala kencing berdarah bisa menjadi sinyal yang dialami penderitanya. Lalu akan merasa ada benjolan di pinggang.

“Gejala yang timbul bisa kencing berdarah, nyeri pinggang (low back pain), fatique, tidak nafsu makan dan berat badan turun, timbul benjolan di daerah pinggang yang bisa diraba, anemia, demam,” tandas dr. Ronald.(***)

Sumber: www.jawapos.com

Related posts

Leave a Comment