Habis Asap, Banjir Menerjang Kecamatan Kubu

BANJIR- Tingginya Curah hujan di Kecamatan bubu, Propinsi riau, menyebabkan puluhan rumah yang berada di sepanjang sungai Bubu terendam banjir. (Foto : Nursali)

Bilikberita.com, Kubu – Kecamatan Kubu Babussalam, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau seolah tak habis-habisnua di terpa bencana. Baru saja warganya menikmati udara segar usai kabut asap yang melanda beberapa waktu lalu. Kini warga harus kembali merasakan terjangan air pasang besar Sungai Kubu Hulu. Akibat naiknya air sungai puluahan rumah warga terendam air.

Fenomena ini kerap kali terjadi hampir di setiap tahunnya, dan sebagian besar dari mereka harus tetap bertahan disebabkan tidak adanya pilihan lain selain menjalani bencana demi bencana tersebut.

baca juga : Kecamatan kubu babussalam riau nyaris terisolir

BANJIR- kondisi rumah warga di kecamatan bubu, Riau yang terendam banjir akibat tingginya curah hujan yang Turun beberapa hari ini (Foto-Nursali)

“Sudah setiap tahun begini kami ni, kalau sudah air pasang besar selalu kebanjiran,” kata seorang warga Tab 3 Kecamatan Kubu Babussalam, Sudar Minggu (15/12/2019).

Ayah dari dua orang anak ini mengatakan debit air dapat bertambah jika kondisi curah hujan terus meningkat hingga menyebabkan sungai yang membentang disepanjang kecamatan tersebut tak mampu membendung terjangan air.

“Kalau sudah hujan seperti ini, kami harus mengangkat tilam (tempat tidur) ke tempat yang lebih tinggi,” katanya.

Sebanyak puluhan rumah yang berdiri di sepanjang bibir sungai mengalami hal yang sama, bahkan dari pantauan Bilikberita.com, beberapa jembatan putus selain itu dermaga pengepul hasil tani warga juga lumpuh.

“ini akan berlangsung sampai 2-3 bulan ke depan, tergantung cuaca,” katanya.

Hingga pukul 12.18 WIB Kecamatan Kubu dan sekitarnya masih diguyur hujan.(Sal)

Related posts

Leave a Comment