Australia Makin Panas, Kebakaran Kian Parah

ANTISIPASIF: Helikopter menjatuhkan bahan penahan api untuk mencegah kebakaran meluas di Balmoral, Australia, Kamis (19/12) (Foto: PETER PARKS/AFP)

Bilikberita.com – Bencana cuaca panas dan kebakaran hutan semakin merajalela di Australia. Kamis (19/12) lalu rekor cuaca terpanas kembali muncul. Bahkan, pemerintah Negara Bagian New South Wales (NSW) baru saja mengumumkan status darurat.

Seperti yang dilansir www.jawapos.com dimana Badan Meteorologi Australia mencatat rata-rata suhu nasional mencapai 41,9 derajat Celsius. Suhu terpanas mencapai 49,9 Celsius di Nullarbor, Australia Selatan. Catatan tersebut mengalahkan suhu rata-rata 40,9 derajat Celsius pada Rabu (18/12). Padahal, suhu Rabu itu menjadi yang terpanas dalam lima tahun terakhir.

Di NSW, kebakaran hutan semakin parah. Tiga pemadam kebakaran dibawa ke rumah sakit karena mengalami luka bakar. Sementara itu, 20 rumah di selatan Sydney diperkirakan hangus karena kebakaran hutan. Perdana Menteri NSW Gladys Berejiklian sudah menyatakan status darurat untuk seminggu ke depan

”Ini adalah masa yang pelik. Api-api itu akan bertahan di cuaca yang kering dan berangin,” ungkap Shane Fitzsimmons, komisioner pemadam kebakaran pedalaman Australia, kepada The Guardian.

Masyarakat pun semakin berang dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison. Mereka menganggap pemerintah pusat gagal menanggulangi kebakaran hutan.(*)

Sumber : jawapos.com

Related posts

Leave a Comment