Anggota Komisi X DPR RI Setuju UN Dihapus

Bilikberita.com, JAKARTA- Wacana penghapusan Ujian Nasional (UN) pada 2021 nanti Oleh kementerian Pendidikan disambut baik Anggota Komisi X DPR Putra Nababan. Menurut Putra, UN memang sudah tak tepat diterapkan saat ini.

”Kita happy dengan apa yang dilakukan Mendikbud. Tolong jangan terlalu lama,” ujat Putra dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (14/12), seperti yang dilansir www.jawapos.com.

Dalam rapat di di DPR yang berlangsung Kamis 12 Desember 2019 kemarin, tidak ada anggota dewan yang menolak digantikannya UN dengan asesmen kompetisi dan survei karakter‎. Semuanya menyambut baik dengan usulan penghapusan UN yang dicetuskan Mendikbud Nadiem Makarim tersebut.

‎”Saya tidak melihat Komisi X tidak ada yang setuju, karena memang semuanya setuju,” katanya.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berujar, keputusan yang dibuat Nadiem ini menggambarkan bahwa Nadiem adalah sosok menteri yang diinginkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pak Jokowi ingin menteri yang out of the box, yang inovatif. Nadiem bisa membuat terobosan dan lompatan jauh,” ungkapnya.

Sekadar informasi, Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan UN hanya akan ada di 2020. Setelah itu formatnya akan diganti. Sehingga di 2021 tidak lagi ada UN. “Pada tahun 2021 UN akan diganti menjadi asesemen kompetisi minimum dan survei karakter,” ujar Nadiem.(***)

(sumber: www.jawapos.com)

Leave a Comment